Sejarah Sistem Operasi Android

Sejarah Sistem Operasi Android. Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka.

Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc. yang merupakan pendatang baru pembuat perangkat lunak untuk ponsel/smartphone dengan membentuk Open Handset Alliance (OHA) Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama OHA menyatakan mendukung pengembangan open source pada perangkat mobile.

Sejarah Sistem Operasi Android


DISTRIBUTOR SISTEM OPERASI ANDROID
Di dunia terdapat dua jenis.  Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS).  Kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD) SEJARAH SMARTPHONE ANDROID. Sekitar September 2007 Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone menggunakan Android yang diproduksi oleh HTC Corporation.
Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka “Android” yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6.
Saat ini sebagian vendor sudah memproduksi smartphone berbasis android HTC, Motorola, Samsung, LG, Huawei, Sony Ericsson, dll.

ANDROID SAAT INI
Tidak hanya menjadi sistem operasi di smartphone tetapi menjadi pesaing utama Apple pada sistem operasi PC Tablet. Pesatnya pertumbuhan android karena merupakan sistem operasi open source sehingga bebas didistribusikan dan dipakai oleh vendor manapun. Selain itu android adalah platform yang lengkap, baik sistem operasinya, aplikasi dan tool pengembangan, market aplikasi android, serta dukungan yang sangat tinggi dari komunitas open source.

ANDROID : PLATFORM MASA DEPAN
Android sebagai “platform mobile pertama yang Lengkap,  Terbuka, dan Bebas”. 
  • Lengkap  (Complete Platform) : android merupakan sistem operasi yang aman dan banyak menyediakan tools dalam membangun software dan memungkinkan untuk peluang pengembangan aplikasi.
  • Terbuka (Open Source Platform) : pengembang dapat dengan bebas untuk mengembangkan aplikasi.
  • Bebas(Free Platform) : android adalah platform/aplikasi yang bebas untuk develop. Tidak ada lisensi atau biaya royalti untuk dikembangkan pada platform android
Selengkapnya kunjungi : Portal berita teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar